Minggu, 04 Maret 2012

Pesona Air terjun Sri Gethuk

air terjun sri gethuk
      Aku pun melakukan perjalanan ku yang berikutnya, terdiam terpaku merasakan tetesan air hujan diatas perahu karet yang melawan arus yang membawaku ketempat tujuan dan menanti tempat seperti apa lokasi yang saya tuju kali ini.

         Air terjun Sri Gethuk, terletak di daerah kering Gunung Kidul. Lokasi air terjun tersebut berada di padukuhan Menggoran yang berdekatan dengan lokasi wisata gua rancang kencono, dan untuk mencapai lokasi ini anda cukup berkendara kurang lebih 2 jam dari yogya. Untuk mencapai lokasi ini pun tidak tergolong susah, setelah pertigaan wanagama, anda akan menemukan banyak tanda yang akan mengantar anda ke lokasi tersebut. Pada saat anda menuju perjalanan kesana anda akan disuguhi banyak pemandangan yang akan mencuci mata anda, mulai dari pemandangan persawahan, perkebunan kelapa, dan palawija lain nya, jadi anda tidak akan bosan saat melakukan perjalanan kesana.


         Apabila anda sudah sampai di pintu masuk Air terjun tersebut, anda kan ditarik restribusi sebesar 2000 perorang atau 3000 per orang apabila anda juga ingin masuk ke gua Rancang yang berjarak 750 meter dari air terjun. sesampai ditempat air terjun tersebut anda juga harus membayar restribusi untuk menaiki perahu karet yang akan mengantarkan anda melawan arus sungai Oyo menuju Air terjun tersebut.

       Aku bersama 2 orang teman ku mengunjungi air terjun tersebut. walaupun awal nya kami sempat khawatir karena di perjalanan kami disambut dengan air hujan yang mungkin membuat kami tidak bisa menikmati pemandangan air terjun tersebut. tetapi setelah kami kesana air hujan malah menambah suasana yang sangat romantisdi daerah tersebut, air hujan yang membasahi pelepah pohon pisang dan daun pohon kelapa, serta suara gemericik hujan di bebatuan kapur dan beberapa anak air terjun yang mngalir langsung ke sungai Oyo yang menenangkan hati membuat kami diam terpaku menikmati suasana saat menuju air terjun tersebut sambil menaiki perahu yang kami tumpangi.

 
sungai oyo
            Sampai di lokasi Air terjun tersebut, kami pun di sambut  dengan suara Air terjun yang mengalir deras memecah bebatuan kapur yang ada disekitar nya yang akan membuat jiwa kami tertantang untuk berada dibawah nya, merasakan siraman air terjun yang akan membasahi tubuh kami. di lokasi tersebut kami  melihat ada 4 air terjun yang mengalir dengan deras dengan percabangan yang berbeda.  di bawah salah satu air terjun nya ada tempat yang memungkin kan kita untuk berendam merasakan siraman air terjun sekaligus menikmati suasana alam yang ada disekitar nya.

              Waktu tak terasa sudah mau mendekati malam. kami pun menyudahi acara main main kami disana. saat kami dijemput oleh perahu, kami disuguhi dengan aksi Gokil oleh mas mas yang menjemput kami, Bak Rodeo yang menunggangi kuda, mas mas yang menjemput kami berlomba dengan menunggangi perahu melawan arus sungai Oyo. Sungguh suguhan terakhir yang menarik, yang mmbuat kami tersenyum akan Ke Gokilan mereka.Sebelum saya melangkah meninggalkan air terjun tersebut saya sempatkan untuk melihat suasana air terjun tersebut sembari berdoa semoga keindahan alam Air terjun tersebut tidak rusak disebabkan kejahilan para pendatang yang ingin menikmati keindahan alam Air Terjun tersebut.

1 komentar:

  1. haa??? pengen kesanaa...

    topiknya bagus,, terus menulis unk mengasah style tulisan..:)

    BalasHapus