Senin, 23 April 2012

Surga yang Tersembunyi Pantai Wohkudu

pantai wohkudu
Gunung Kidul, daerah ini emang mempunyai banyak keistimewaan dan misteri pesona alam yang banyak belum kita ketahui. salah satu yang akan saya ceritakan adalah Pantai yang tersembunyi, Pantai Wohkudu.

Pantai ini terletak tersembunyi di daerah Panggang Gunung Kidul. untuk menempuh tempat ini kita memerlukan waktu sekitar lebih kurang 2 jam perjalanan dari Kota Yogya dengan rute perjalanan Yogya-Imogiri-Panggang. untuk mencari pantai ini sangat sulit dan anda di paksa untuk rajin rajin menanyakan penduduk sekitar untuk mencapai pantai ini.

pemndangan menuju panggang


Perjalanan ini di lakukan oleh Tim GamaBackpacker yang berisi 4 orang. Amri (sebagai penunjuk arah), Saya, Yogi, dan Adib  yang bermodalkan kendaraan bermotor. Kami memulai perjalanan tepat pada jam 11.00 Wib dari kota yogya dan diasumsikan memakan waktu perjalanan kurang lebih 3 jam. Jalan yang sepi walaupun cukup membahayakan dikarenakan banyak tikungan tikungan maut membutuhkan skill berkendara pada saat menuju tempat ini, konsentrasi pengndara juga harus dibutuhkan disini dikarenakan di perjalanan ini kita banyak disuguhkan pemandangan pemandangan yang spektakuler, Disarankan anda untuk berhenti apabila anda ingin menikmati pemandangan di sepanjang jalan ini.






sampai di daerah panggang kami menanyakan ke pnduduk sekitar dengan keyword desa Nglaos, dukuh wiroso tempat dimana pantai ini berada. sampai di daerah ini coba lah bertanya lagi tempat lokasi pantai tersebut. setalah kami bertanya tanya dengan penduduk sekitar. akhir nya kami mnemukan lokasi yang kami tuju.

Alang- Alang serta perkebunan menyambut kami dengan pesona keseksian perbukitan yang sangat menggoda untuk diambil gambar nya. walau jalan menuju kesana sangat lah sederhana tapi pemandangan tersebut membayar segala jerih payah kami saat itu.
perjalanan menuju pantai wohkudu

sesampai dipantai nya kami pun lebih takjub dengan pemandangan pantai disana. rerumputan yang terawat, tebing yang mengapit teluk pantai serta deburan ombak yang sangat ramah, putih nya pantai virgin dan sepi nya pantai memancing kepuasan tersendiri bagi para adventurer seperti kami. dan beruntung nya kami pada saat itu pantai sedang surut jadi kami bisa melihat ikan ikan seperti ikan glodok, clown fish, lion fish serta berbagai jenis kepiting dengan keunikan warna yang tersndiri. Sungguh saat puas dan tidak ada penyesalan kami sudah berusaha untuk datang ke daerah ini.

walaupun pantai nya kecil dan tersembunyi di tengah tengah tebing tidak mengurungkan niat saya untuk menjelajahi karang karang besar yang berada di bibir pantai, skill dan keahlian untuk menaiki karang tersebut. dikarang ini saya disuguhkan dengan pemandangan deburan ombak yang sangat spektakuler. berada dikarang dan dikelilingi oleh deburan ombak yang dipecahkan oleh karang tempat saya berada memberikan sensasi tersendiri yang memancing adrenalin saya saat itu, juga pemandangan laut yang luas dan bersih membuat mata tidak bosan bosan nya untuk terus memandang lukisan yang diciptakan oleh yang maha kuasa.

sampai lah di akhir acara kami disana ,karena mengejar waktu dan datang nya gelap membuat kami untuk meninggalkan surga pantai tersebut. tapi sebelum itu tidak lupa sebelum meninggalkan tempat saya menatap pantai tersebut  dan meninggalkan doa, semoga pantai ini tetap tersembunyi dan terjaga keindahan nya dari ulah ulah nakal manusia yang rakus dan merusak sampai akhir zaman.

thanks to :
Team GamaBackpacker mas Amri Husein (fakultas kehutanan UGM), Yogi listiawan (fakultas kehutanan UGM), Adib (fakultas geografi UGM),dan  Bapak / Ibu serta penduduk sekitar yang telah menunjukkan kami arah kpantai ini

5 komentar:

  1. sama pantai gesing sebelah mananya ya mas? thx.

    BalasHapus
  2. ohh sama amri tah ksininya..kmrin dia cerita2 pantai wohkudu

    BalasHapus
  3. iyah mas alan...
    pantai nya asik loh mas....

    BalasHapus
  4. keren mas, thanks infonya :)

    BalasHapus